Senin, 07 April 2014

Perawatan Khusus Mesin Motor 4 Tak

Buat para bikers, merawat kondisi mesin dan atribut motor adalah hal yang wajib. setelah jarak tempuh motor mencapai maksimal 3000km, oli mesin harus diganti. Nah, ada berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang harus rutin dilakukan, diantaranya :
1) periksa Busi Sepeda Motor
      Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. Cek busi, jika masih layak pakai bisa dipergunakan kembali. tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km, sebaiknya ganti. Cek juga kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi. Bila sudah tua, ada retakan dan pengerasan segera, ganti.
2) Cek Filter Karburator
       Filter karburator terbagi dua jenis, yaitu basah dan kering. Model basah dibersihkan dengan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Umumnya otor keluaran tahun 1990 sampai 2000-an menggunakan jenis ini. Motor tahun 2000 ke atas biasanya menggunakan tipe kering. Perawatan tinggal disemprot dengan kompresor. Kelemahannya, wajib diganti setiap 25 ribu km dan tidak boleh kena oli atau minyak.
       Filter oli pun harus diperhatikan Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi motor tahun 2000 ke atas menggunakan filter oli dan wajib diganti setiap kurang lebih 10ribu km.
3) Periksa Setelan rantai dan gir
       Jangan biarkan rantai terlalu kendur atau kencang. Bila kendur cukup di setel. Bila kering olesi dengan oli khusus rantai. Rantai biasanya diganti bila sudah 25ribu - 35ribu km. Periksa juga kondisi gir, kalau sudah tajam ganti segera untuk mencegah rantai putus tiba-tiba. Khusus motor matic yang menggunakan v/belt rantai tidak dapat di setel dan wajib diganti setiap 25 ribu km.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar