Buat
para bikers, merawat kondisi mesin dan atribut motor adalah hal yang
wajib. setelah jarak tempuh motor mencapai maksimal 3000km, oli mesin
harus diganti. Nah, ada berbagai macam perawatan dan pemeliharaan yang
harus rutin dilakukan, diantaranya :
1) periksa Busi Sepeda Motor
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor. Cek busi, jika masih
layak pakai bisa dipergunakan kembali. tapi kalau sudah mencapai 12 ribu
km, sebaiknya ganti. Cek juga kabel koil yang menghubungkan arus
listrik ke busi. Bila sudah tua, ada retakan dan pengerasan segera,
ganti.
2) Cek Filter Karburator
Filter karburator terbagi dua jenis, yaitu basah dan kering. Model
basah dibersihkan dengan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. Umumnya
otor keluaran tahun 1990 sampai 2000-an menggunakan jenis ini. Motor
tahun 2000 ke atas biasanya menggunakan tipe kering. Perawatan tinggal
disemprot dengan kompresor. Kelemahannya, wajib diganti setiap 25 ribu
km dan tidak boleh kena oli atau minyak.
Filter oli pun harus diperhatikan Motor tahun 90-an tidak menggunakan
filter oli, tetapi motor tahun 2000 ke atas menggunakan filter oli dan
wajib diganti setiap kurang lebih 10ribu km.
3) Periksa Setelan rantai dan gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendur atau kencang. Bila kendur cukup di
setel. Bila kering olesi dengan oli khusus rantai. Rantai biasanya
diganti bila sudah 25ribu - 35ribu km. Periksa juga kondisi gir, kalau
sudah tajam ganti segera untuk mencegah rantai putus tiba-tiba. Khusus
motor matic yang menggunakan v/belt rantai tidak dapat di setel dan
wajib diganti setiap 25 ribu km.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar